Oleh: niadp | Oktober 18, 2008

Aisyah Adinda Kita~

 Terinspirasi dari sosok Aisyah RA, salah satu isteri Nabi Muhammad SAW yang terkenal sebagai pribadi yang tidak hanya cantik secara fisik, tapi juga cerdas, terhormat dan berakhlak baik. Ini nih sosok wanita idolaku. Dalam banyak hal beliau bisa menjadi referensi bagi muslimah di seluruh dunia. Cantik luar dalam dan cerdasnya bukan main. PERFECT-lah istilahnya. Kenapa Aisyah?? Karena aku suka. Nih.. sedikit profil mengenai Aisyah:

Hasan bin Tsabit memuji Aisyah dalam syairnya:

Ia terpelihara, sempurna akalnya, tak tercela. Tak ada manusia yang pernah digunjingkannya.

Aisyah.. perempuan zuhud dan wara’, taat menjalankan ajaran agama, dermawan, murah hati serta senantiasa bersikap penuh kasih sayang kepada sesama manusia. Aisyah menjalani hidup miskin dan bersahaja bersama Rasulullah tanpa keluhan. Aisyah hidup dalam sifat qana’ah, menerima yang ada tanpa banyak menuntut. Walau Aisyah tidak memiliki keturunan namun ia mengasihi anak-anak yatim. Beliau juga selalu membantu para perempuan dalam memenuhi segala kebutuhan atau menyampaikan persoalan mereka kepada Rasulullah. Seorang isteri yang taat kepada suami dan memperhatikan sanak kerabat suaminya. Sosok wanita yang tidak pernah berghibah dan menggunjingkan keburukan orang lain, sangat jarang menerima pemberian dari orang lain, kalaupun terpaksa menerima beliau akan segera membalas pemberian tersebut. Yang paling aku suka adalah bahwa seorang Aisyah enggan di puji,  Aisyah berkata: “ Sungguh aku berharap menjadi sesuatu yang tidak berarti dan dilupakan orang”. (HR. Ahmad dan Hakim). Banyak keistimewaan melekat pada Aisyah. Imam Syihab az-Zuhri berkata “ Aisyah adalah orang yang luas pengetahuannya, para sahabat senior sering bertanya dan berkonsultasi kepadanya”. Beliau punya tingkat intelektualitas tinggi, satu-satunya periwayat hadis dari kaum perempuan ( hebat khan..!!). Aisyah berkata “ Aku memiliki sembilan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh perempuan manapun sebelumnya. Aku mengatakn hal ini bukan bertujuan untuk menyombongkan diri atas isteri Rasulullah yang lain”. Keistimewaan itu adalah:

1.       Rasulullah pernah didatangi oleh malaikat yang menyerupai diri Aisyah

2.       Rasulullah menikahi Aisyah ketika berusia 7 tahun

3.       Rasulullah mengajak hidup bersama satu atap pada usia 9 tahun

4.       Satu-satunya isteri Rasul yang ketika di nikahi masih perawan

5.       Wahyu pernah diturunkan ketika Rasulullah sedang bersama Aisyah

6.       Aisyah adalah isteri yang sangat di cintai Rasul

7.       Ada beberapa ayat dalam Al Qur’an yang diturunkan karena Aisyah

8.       Aisyah pernah melihat jibril dengan mata kepalanya sendiri

9.       Rasulullah pernah didatangi malaikat dalam sebuah rumah yang didalam rumah itu tidak ada orang lain kecuali Aisyah

( HR. Hakim,Thabrani dan Ibnu Syaibah)

Rasulullah pun wafat dipangkuan Aisyah serta banyak keistimewaan lain yang akan puanjangggg jika harus dijabarkan satu persatu (baca aja shirah nya).

Aisyah merupakan wanita yang hebat, seolah mendobrak ke-egoan laki-laki pada saat itu dan memberi makna lebih dalam bahwa wanita tidak hanya berdiam diri dirumah tapi juga boleh beraktivitas di luar rumah, memberikan banyak kontribusi yang bermanfaat, menebarkan kemashlahatan dengan batasan yang disyariatkan, terjaga dan tidak 100% bebas. Disaat emansipasi wanita kini marak dibicarakan. Wanita sibuk menuntut kesetaraan gender. Aisyah bisa kita jadikan teladan dalam berkiprah. Lihatlah.. Aisyah pernah memimpin ribuan pasukan demi tujuan reformasi masyarakat yang di canangkannya dalam peristiwa perang Jamal. So, meskipun begitu beliau tetap sadar dengan “dirinya sebagai wanita”, kejeniusannya tidak digunakan untuk bersombong ria dan membangkang terhadap titah suami. Beliau tetaplah wanita yang cantik, anggun, lembut dan terjaga hijabnya (bahkan kepada non-muhrim yang buta sekalipun Aisyah tetap menjaga hijab). Masihkah akan kita temukan Aisyah-Aisyah modern di zaman sekarang??

Miris ya mendengar ada sebagian wanita yang dilecehkan dan sebagian lagi tidak sadar dirinya di lecehkan. Mengapa wanita sering dilecehkan? Benarkah 100% pelecehan murni kesalahan laki-laki?.

Dalam sebuah iklan di televisi diceritakan bahwa seorang cewek mengajak seorang cowok begabung dalam kegiatan tanam pohon, tapi si cowok menolak karena si cewek terlihat kusam. Namun setelah kulit si cewek nampak lebih bersih karena produk hand and body lotion yang dipakainya barulah sang cowok mau membantu. Maksudnya apa sih.. menurutku itu adalah satu bentuk pelecehan. Memangnya wanita hanya akan dihargai jika mempunyai fisik yang menawan. belum lagi kualifikasi lowongan kerja bagi wanita biasanya terselip sebuah kriteria: bepenampilan menarik. Wah.. tersinggung deh rasanya ( secara aku tuh gk masuk kategori berpenampilan menarik nih.. hehe). Seolah tak ada tempat buat yang “tidak berpenampilan menarik”.

Wanita.. jangan mau ketinggalan (nyontek slogan iklan sebuah kendaraan bermotor). Pada dasarnya tidak masalah wanita berkarir asal tetap berada pada koridor yang wajar. Jadilah sosok wanita yang cerdas dan mandiri sehingga tidak mudah dipermainkan dan dibodoh-bodohi. Tapi kebebasan wanita banyak yang disalahgunakan. Kebebasan berkekspresi pun bisa dijadikan alasan untuk membenarkan maksiat, berkurangnya rasa malu seorang wanita membuatnya rela di foto tanpa busana, berlomba-lomba memamerkan aurat dan selalu berkompetisi agar diakui sebagai wanita tercantik di dunia. Tak dapat dipungkiri banyak yang stress ketika penampilannya kurang menarik, berbagai cara ditempuh untuk meningkatkan kecantikan lahiriah, sampai operasi plastik pun sanggup dijalani dan beberapa diantaranya berakhir dengan kematian.. Na’udzubillah ( masih ingat kisah seorang wanita yang meninggal karena suntik silikon?). selebritis tanah air pun rela mengeluarkan jutaan rupiah untuk maintenance penampilannya.

Tampil menarik tak harus cantik kok.. jika kita seseorang yang lemah lembut, penyabar, pintar mengendalikan perasaan, mandiri serta selalu meningkatkan pengetahuan, teguh berprinsip, seperti itu saja sudah cukup membentuk kita menjadi sosok yang dihormati dan orang akan pikir-pikir untuk melecehkan. Tak perlu berlebihan, bersahajalah dalam penampilan, tutur kata dan perbuatan. Aisyah saja yang notabene isteri Nabi dan anak dari Abu Bakar mau hidup sederhana. Taukah bahwa harga diri wanita terletak pada kekonsistenan kita menjaga citra diri. Kasus-kasus pelecehan biasanya diawali oleh ketidakkonsistenan kita memegang prinsip. Diajak kemanapun hayo aja, di pegang-pegang diem aja dsb. Rata-rata seperti itulah kejadiannya. Coba introspeksi diri yuk.. kenapa kita selalu menuntut orang lain menghormati kita sedangkan kita tidak menghormati diri kita sendiri. Mungkin penampilan kita kelewat sexy, tindakan kita yang terlalu atraktif dll. Biasanya, laki-laki akan memperlakukan wanita sesuai dengan wanita nya itu sendiri. Jangan mau ah di main-mainin. Rugi nya di kita juga.

So, jangan salah milih idola. There are so many great women in Islam that can be used for your reference. Cari tahu lebih banyak tentang idola kita. Misalkan kita mengidolakan Britney Spears karena menurut kita sempurna dalam kecantikan, kekayaan, sexy dan popular. Tapi lihat faktanya, dia sendiri terpuruk dalam masalah tanpa mampu menolong dirinya sendiri, terlena di bawah naungan alKohol hingga harus masuk rehabilitasi. Bahkan dia sempat menggunduli rambutnya dengan tangannya sendiri. Itukah sosok teladan kita??

Me.. about Aisyah : Aisyah is my favorite woman. I really admire her so much. She was not only beautiful but also the best scholar. She had a beautiful soul. She was a wife that is beloved by her husband. She was perfect because she could make one balancing in her relationship among God, family and society. She spent her life for others. She never stopped to share what she had in many condition. She could be the great teacher for another around her. Beautiful, smart but down to earth. She is my inspiration to be strong, to be brave and be a better person. What about you?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: